Tiga tahun usianya

Image-1Safa, demikian nama panggilan kami untuknya. Putri cantik kami itu kini telah menginjak usia tiga tahunnya. Atas izin Allah, cahaya kehidupan kami itu, semakin pandai, lucu dan menggemaskan. Sudah banyak kosa katanya, termasuk berdebat, bercanda, dan menjelaskan sesuatu pada orang tuanya. Ia pun menjadi penterjemah bahasa adiknya, Faqih, yang kadang maksud perkataanya lebih dipahami oleh si kakak. Ia sudah pandai melakukan gerakan sholat, membaca surat Al Fatihah, do’a pendek seperti do’a sebelum dan sesudah makan, serta do’a sebelum tidur, mengucap hamdalah ketika bersin dan istighfar ketika menguap karena kantuk. Di sela waktu mainnya, menyanyi lagu-lagu anak menjadi hiburannya, ditambah serial dari negeri Malaysia, Upin & Ipin, yang sering ia tirukan logat bahasanya. Itu yang kadang membuat kami tertawa melihatnya.

Dia sangat sayang adiknya, tak hanya sebagai teman main, makan, dan bergurau. Walau kadang bertengkar, namanya anak kecil, selepas itu pula kembali akrab dan melanjutkan tertawa bersama. Adiknya pun demikan, sayang pada kakaknya. Si adik mungkin tau, kakaknya telah mengalah, mengorbankan sejenak waktu minum asinya ketika si adik tengah dikandung, hingga lahir ke dunia. Setelah keduanya bertemu, baru melanjutkannya bersama-sama. Ketika berjalan si kakak menunggu, ketika makan si kakak memintakan untuk adik makanan yang sama, ketika adik jatuh, ia peluk dan tenangkan, dan ketika adik berbuat salah ia yang ingatkan.

Semoga sepanjang harimu  diberkahi dan dilindungi oleh Rabbul Izzati, mulia akhlakmu dan menjadi sebab kami masuk ke syurga, duhai anak kami Safanah Rizqi Kamila.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: