Berangkat Pagi..

Hallo..

Wah, udah cukup lama sy ngga nulis di blog ini. Mohon maklum, sibuk..😀

Sy mau buat tulisan ringan di pagi hari yang cerah ini, tentang bagaimana memanfaatkan waktu perjalanan ke kantor bagi yang tempat tinggalnya cukup jauh seperti sy.

Sudah hampir tiga bulan ini sy tinggal di depok bersama keluarga. Sejak saat itu pula, sy menggunakan Commuter Line (KRL) untuk berangkat dan pulang kantor. Dari rumah, berangkat naik motor 10 menit lalu diparkir di stasiun Depok, naik CL jurusan Jakarta Kota, selama kurang lebih 60 menit, turun di stasiun Juanda, dan jalan kaki ke kantor 10 menit. Kalau sy berangkat 5.15, maka sampai kantor bisa sebelum jam 7.

Kalau dipikir-pikir, lumayan jauh perjalanannya ya. Selain itu, harus berangkat pagi dari rumah. Tetapi, setelah dijalani beberapa bulan ini, sebenarnya ada manfaat yang bisa diambil.

1. Sholat shubuh berjamaah.

Karena harus siap-siap berangkat pagi, jadi harus bangun sebelum shubuh. Setelah bangun lalu mandi, sarapan kalau sudah siap, pas adzan shubuh bisa berangkat ke masjid. Bagus lagi kalau sempat sholat malam.

2. Menghirup udara segar.

Kalau berangkat pagi, kita bisa menghirup udara segar. Tarik nafas perlahan, rasakan oksigen itu masuk dan bayangkan udara sejuk menyegarkan otak kita. Dengan menghirup udara segar, biasanya menghindarkan kita dari rasa kantuk saat bekerja.

3. Naik Commuter Line.

Moda transportasi ini semakin hari semakin bagus saja. Dari yang dulu stasiun terasa kumuh, sekarang sudah ditata rapi sedikit demi sedikit, parkir sudah menggunakan barcode dan dilindungi asuransi, harganya 4000 per hari. Lalu, karcis yang dulu pakai kertas, sekarang pakai kartu: Single Trip dan Multi Trip. Oiya, hari pertama di launching, 1 Juli 2013, langsung sy beli, supaya tidak repot antre di loket. Dengan commuter line juga menghindari stress karena macet, batuk karena polusi, dan sakit pinggang karena kelamaan naik motor🙂

4. Membaca atau mendengarkan yang bermanfaat selama perjalanan.

Di CL, kalau berangkat sepagi itu, tidak terlalu padat di dalamnya. Kita bisa manfaatkan untuk membaca buku, qur’an lewat HP, atau mendengarkan murottal. Oke kan? daripada bengong🙂

5. Jalan kaki dari stasiun ke kantor.

Secara, kerjaan sy banyak duduk di depan laptop, dan praktis butuh kesempatan untuk bergerak atau berolah raga supaya tetap sehat. Nah, olah raga ringan yang bisa dilakukan setiap hari, ya jalan kaki. Lumayan kan 2 x 10 menit setiap hari, daripada tidak sama sekali. Kalau ada kesempatan, ditambah dengan olah raga lain, seperti aerobik, jogging, dan sebagainya. Intinya sesibuk apapun kita, jangan lupa menjaga kesehatan. Orang bijak mengatakan, banyak orang bekerja mencari uang dan mengorbankan kesehatan. Lalu ketika  penyakitnya datang, dia mengorbankan uangnya demi kesehatan. Sayang kan? Nah, oleh sebab itu,  kesehatan harus tetap di jaga.

Dengan memanfaatkan keadaan, kita bisa membuat aktivitas kita terasa lebih bermanfaat dan menyenangkan. Sekian dulu ya, kapan-kapan sy nulis lagi yang ngga kalah seru. So, stay tuned🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: