Wawancara Menkominfo seputar Aksi Hacking di Indonesia

Screen shot 2013-02-05 at 8.48.09 AMPagi ini, ada  wawancara MetroTV bertajuk “Hacker, Penjahat atau Aset?” dengan narasumber Menkominfo, Bapak Tifatul Sembiring dan Gildas  (KKI) membahas kasus hukum peretasan di Indonesia. Dilatarbelakangi berita yang mencuat beberapa waktu yang lalu mengenai penangkapan Wildan Yani Ashari yang diketahui telah melakukan defacing situs Presiden SBY (presidensby.info).

Menurut Menkominfo, apa yang dilakukan oleh Wildan dikategorikan sebagai tindak pidana dan melanggar Undang-Undang ITE dengan ancaman hukuman maksimal 6 tahun. Tidak seperti yang ramai diberitakan di media yaitu 12 tahun. “Enam tahun itu maksimal, kemungkinan bisa kurang dari itu mengingat pelaku masih berusia muda” ujar beliau. Namun putusan itu tergantung hasil penyidikan Bareskrim Polri.

Dijelaskan lagi oleh Menkominfo, metode peretasan yang dilakukan oleh Wildan adalah dengan mengarahkan alamat domain situs presidensby.info ke server lain, sehingga tampilan yang diperlihatkan pun berbeda dengan aslinya. Pemerintah telah mengorganisir beberapa badan untuk menangani kasus seperti ini, seperti ID-SIRTII, ID-CERT, dll. Badan ini akan memberikan respon jika terdeteksi serangan di dunia cyber dan memberikan alert (notifikasi) kepada pemilik/pengelola sistem yang menjadi target serangan.

Gildas  menambahkan, aksi hacking yang terjadi bisa jadi karena banyaknya tutorial/panduan untuk melakukan hacking yang tidak diimbangi dengan pesan moral agar  tidak menggunakannya untuk kegiatan yang melanggar hukum. Ia mengutarakan pengetahuan yang dimiliki oleh para hacker akan bermanfaat jika digunakan dalam kegiatan yang positif dan legal seperti Penetration Testing, yaitu menguji keamanan suatu sistem atas permintaan dari pemilik atau pengelola sistem. Hal tersebut bisa menjadi suatu lapangan pekerjaan yang cukup dibutuhkan oleh beberapa perusahaan. Selain itu, pemerintah juga perlu memfasilitasi bakat tersebut agar mereka memperoleh arah yang baik dalam menyalurkan kemampuan tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: