Perbedaan Distribution List dan Mailing List

Ketika melakukan instalasi mail server beberapa minggu yang lalu, saya sempat mempertanyakan lagi pemahaman saya mengenai perbedaan antara distribution list dengan mailing list. Secara sederhana, keduanya merupakan fasilitas untuk mem-forward email, dengan mengirimkan pada satu alamat, diteruskan kepada seluruh akun yang tergabung. Lalu apa bedaya?

Setelah mencari contoh-contoh implementasi beserta referensinya, dapat saya simpulkan:

  • Mailing list memiliki sebuah ‘pintu’ yang bisa digunakan oleh pengguna untuk mengakses semua arsip pesan dari awal sampai akhir, sedangkan distribution list tidak. Anggota distibution list hanya bisa menerima pesan (dari anggota lain) sejak ia bergabung dengan distribution list tersebut. Hal ini berguna apabila kita tidak ingin komunikasi yang sebelumnya berlangsung dalam sebuah kelompok diketahui oleh anggota baru.
  • Mailing list memiliki pilihan pengiriman pesan pada anggotanya, (biasanya) yaitu per email (individual), harian (daily digest), minggguan (weekly), atau sesuai dengan pilihan yang disediakan, sementara distribution list langsung meneruskan setiap email yang terkirim pada saat itu juga.
Ada tambahan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: