FAQ: Restore Boot Menu Linux Setelah Install Windows

Frequently Asked Question:

Ceritanya kemarin di laptop gw cuma ada windows, abis itu karena pengen belajar-belajar pakai linux, akhirnya gw install Ubuntu. Setelah itu lancar-lancar aja. Beberapa lama setelah itu, windows gw kena virus jadi terpaksa gw install ulang. Nah masalahnya abis install ulang windows, gw nggak bisa masuk ke Linux gw lagi. Gimana tu Fi?

Answer:

Cara yang agak rumit

Buka Google, cari menggunakan kata kunci “restore grub after windows 7 install”. Terus coba tutorialnya satu per satu. Cara ini selain rumit, juga belum tentu berhasil, tergantung environment sistem masing-masing dan nasib anda🙂

Cara yang gampang dan insyaAllah berhasil

1. Buka Google, ketik kata kunci easybcd

2. Cari tulisan download, kemudian klik saja

3. Install EasyBCD tadi

4. Buka EasyBCD, pilih Add New Entry, pilih Linux/BSD, type GRUB (Legacy), Device pilih sesuai partisi linux Anda, ingat aja ukurannya biar lebih gampang. Setelah itu klik Add Entry.

 

5. Masuk ke Edit Boot Menu, pilih urutannya sesuai selera anda dan OS mana yang akan di-booting otomatis.

6. Klik Save Settings, close EasyBCD kemudian Restart komputer.

7. Pejamkan mata sejenak, sambil membaca do’a dan pasrah.

8. Coba pilih Linux, kalau muncul menu Grub Linux ucapkan hamdalah🙂

 

Semoga bermanfaat.

3 responses to “FAQ: Restore Boot Menu Linux Setelah Install Windows

  1. abu4faqih February 23, 2011 at 1:50 pm

    Untuk langkah ke-7 saya setuju, kalo yg ke-8 pilih Linux dulu baru muncul Grub-nya atau muncul Grub-nya baru pilih Linux? Alhamdulillah😀

Leave a Reply

