Memindahkan direktori Home ke Partisi yang Baru

Permasalahan:

Saya menggunakan Linux Ubuntu 10.10 dengan disk space  untuk direktori root (/) sebesar 6 GB. Ternyata setelah sebulan digunakan, disknya hampir penuh, dan saya lihat sudah terpakai 97%. Sehingga sudah tidak memungkinkan lagi untuk ditambahkan file atau aplikasi.

intruder@whitebox:~$ df
Filesystem           1K-blocks      Used      Available   Use% Mounted on
/dev/sda7            6234004        4030412   1886920      97%    /

Mitigasi:

Kemudian saya menggunakan Disk Usage Analyzer (Menu > Accessories > Disk Usage Analyzer) ternyata yang menggunakan space terbanyak adalah direktori /var dan /home. Sehingga saya putuskan untuk memindahkan direktori /home ke partisi lain. Pemisahan ini seharusnya dilakukan sejak pertama kali menginstall linux, karena hal ini berguna untuk melakukan backup atau penyelamatan data. Bila nantinya sistem linux kita rusa, kita bisa menginstall ulang sistem operasinya dan tinggal melakukan mount pada direktori home yang sebelumnya. Sehingga data-data masih bisa diselamatkan.Tapi karena sudah terlanjur digabungkan ke (/) sekarang kita belajar untuk memindahkan secara manual.

Caranya:

1. Buat partisi baru untuk target /home. Karena saya menggunakan dual booting, linux dan windows, untuk lebih praktisnya saya buat partisi dari windows saja. Masuk windows, klik kanan pada My Computer, pilih Manage. Selanjutnya saya pilih partisi DATA yang masih ada cukup space. Klik kanan, shrink volume dan saya buat partisi baru sebesar 2GB sepertinya sudah cukup. Awalnya saya format dengan FAT32, ternyata terjadi masalah. Ketika saya booting, grub (linux boot manager) tidak bisa mengenali partisi baru yang saya buat, sehingga muncul pesan:

error: unknown file system
grub rescue>

Saya butuh waktu tambahan untuk memperbaikinya. Saya cari Live CD, ternyata yang ada di kotak CD saya Mandriva, Mepis, IPCop, Suse, OpenSuSE dan Linux Mint. Saya pakai linux mint karena sama-sama berbasis debian, mudah-mudahan lebih kompatibel.

saya masukkan live CD, booting, dan coba berpura-pura melakukan instalasi ke partisi yang baru saya buat, tujuannya hanya untuk memformat disk. Pilih partisi tadi untuk target instalasi Mint, format dengan filesystem EXT4 sama seperti filesystem Ubuntu, dan lanjutkan. Setelah diformat dan sedang proses copying files, pilih cancel saja. Selanjutnya saya restart sambil berdo’a semoga grub-nya kembali seperti semula. Dan ternyata do’aku dikabulkan. Sekarang bisa masuk lagi ke Ubuntu🙂

2. Masuk Ubuntu, sebagai single user. Caranya pada grub boot menu, pilih edit (tekan e) pada baris Ubuntu, tambahkan command

init 1

di paling belakang dari bagian itu. dan tekan Ctrl x untuk booting.

Setelah itu saya tiba di root shell prompt.

3. Backup /home ke partisi lain (kalau saya ke partisi DATA) dengan melakukan mounting DATA terlebih dahulu ke direktori /media/DATA

root@whitebox# blkid
/dev/sda1: LABEL="TOSHIBA SYSTEM VOLUME" UUID="CE06A3E806A3CFAF" TYPE="ntfs" 
/dev/sda2: LABEL="VISTA" UUID="962EAB5A2EAB31E3" TYPE="ntfs" 
/dev/sda4: LABEL="HDDRECOVERY" UUID="4AF4B210F4B1FDEF" TYPE="ntfs" 
/dev/sda5: LABEL="DATA" UUID="042C8D002C8CEE4C" TYPE="ntfs" 
/dev/sda6: UUID="ba120706-fc07-4063-8db8-ed03547b5b22" TYPE="swap" 
/dev/sda7: UUID="eacc8a1d-1298-40f9-855c-bce958e02528" TYPE="ext4" 
/dev/sda8: UUID="d53c94c0-0b47-449f-b70c-58282ea86e63" TYPE="ext4"

ternyata disk DATA dikenali sebagai /dev/sda5, lalu buat direktori target (saya buat /media/DATA) dan lakukan mounting ke direktori itu.

root@whitebox# mkdir /media/DATA
root@whitebox# mount -t ntfs /dev/sda5 /media/DATA

Copy direktori /home ke /media/DATA

root@whitebox# cp -R /home /media/DATA

Ganti nama /home ke /home.old karena kita akan buat /home yang baru.

root@whitebox# mv /home /home.old

3. Buat direktori /home yang baru

root@whitebox# mkdir /home

4. Lakukan mount partisi baru yang sudah kita sediakan ke /home yang baru

root@whitebox# mount /dev/sda8 /home

5. Copy semua isi direktori /home.old ke direktori /home

root@whitebox# cp -R /home.old /home

6. Ganti kepemilikan isi direktory /home ke pemiliknya masing-masing. Sebagai contoh user saya adalah intruder, sehingga untuk direktori /home/intruder harus diganti kepemilikanya ke user intruder.

root@whitebox# chown -R intruder /home/intruder

7. Supaya direktori /home kita yang baru bisa dikenali mulai pada saat booting, saya harus menambahkan beberapa entri ke dalam file /etc/fstab

root@whitebox# vi /etc/fstab

Tambahkan baris berikut ini :

UUID=d53c94c0-0b47-449f-b70c-58282ea86e63  /home  ext4  errors=remount-ro 0  1

Artinya, partisi baru kita adalah partisi yang memiliki Universal Unique Identifier (UUID) d53c94c0-0b47-449f-b70c-58282ea86e63 yang akan di-mount sebagai /home dengan filesystem ext4, bila gagal di-mount normal, lakukan re-mount secara read-only, tidak usah lakukan dump (0), dan lakukan pengecekan saat booting (1)

Selesai, sekarang restart dan lihat hasilnya.

Kalau sudah berfungsi normal, sekarang saya bisa menghapus /home.old untuk menghemat disk space

intruder@whitebox:~$ sudo rm -rf /home.old

Sekarang cek kondisi disk space saya sekarang:

intruder@whitebox:~$ df
Filesystem   1K-blocks      Used    Available     Use%    Mounted   on

/dev/sda7     6234004   4030464   1886868   69% /

/dev/sda8     2017808   1509328    405980  79% /home
Jauh lebih baik khan? Sekarang saya punya cukup space untuk menambah aplikasi yang dibutuhkan🙂

Punya masalah yang sama? selamat mencoba dan bereksplorasi🙂

3 responses to “Memindahkan direktori Home ke Partisi yang Baru

  1. Pingback: ictlab.org » Memindahkan direktori Home ke Partisi yang Baru | Information and Communication Technology Laboratory

  2. Mora H. Ritonga December 14, 2010 at 10:50 am

    Om, nyari link (download) repository ubuntu 10.10 dimana ya?
    thx b4..

Leave a Reply

