RSS Feed, maksudnya ??

Sharing dikit nih tentang per-blogging-an. Di beberapa web, khususnya blog, sering kita melihat logo RSS. Sebenarnya itu merupakan layanan penyedia blog untuk mengijinkan pengunjung (visitor) untuk mengetahui update terbaru untuk setiap web yang memiliki layanan RSS ini tanpa harus mengunjungi alamat web tersebut. Dengan kata lain, bila kita berlangganan RSS tersebut, maka setiap kali ada update posting terbaru dari pemilik web, maka update posting tersebut akan dikirimkan ke kita. Analoginya hampir sama seperti langganan koran.

Terdapat beberapa jenis RSS feed,  yang paling populer adalah  RSS for posting dan RSS for comments. Kalau RSS posting artinya kita berlangganan artikel, sedangkan RSS for comment artinya kita berlangganan komentar-komentar yang masuk ke web tersebut.

Lalu bagaimana cara membacanya? Secara garis besar ada dua media untuk membaca informasi yang kita ‘pesan’ tersebut. Pertama berupa aplikasi yang diinstall ke komputer, dan kedua berupa layanan web based. Untuk aplikasi yang diinstall ke komputer contoh yang paling populer adalah rssreader dan feedreader.  Sedangkan layanan web based yang ada contohnya bloglines dan feedbucket. Keuntungannya kalau pake web based, kita bisa akses dari komputer lain karena datanya disimpan di server, bukan di komputer seperti yang berbasis aplikasi.

Sepertinya kurang asyik kalau nggak pakai contoh. Nih saya kasih contoh kalau mau langganan posting dari blog ini (nggak ada contoh laen apa ?? 🙂 ) melalui bloglines.

  1. Kunjungi bloglines dan klik register.
  2. Masukkan alamat email yang valid dan password untuk bloglines dan klik register.
  3. Setelah masuk ke dalam account, di kolom kiri pilih tab feeds -> add.
  4. Di kolom sebelah kiri pada form Blog or Feed URL: masukkan alamat feed. Untuk contoh blog ini alamatnya https://karfianto.wordpress.com/feed/      link-nya bisa diambil dari logo ini :headerbloglalu klik subscribe.
  5. Pada halaman options atur aja sesuai selera dan klik subscribe.
  6. Di kolom sebelah kiri pasti udah muncul Karfi’s Blog. Kalau di klik maka akan tampil Headline dan sedikit potongan artikelnya. Dan setiap kali blog ini di-update maka akan masuk ke tempat itu.
  7. Silakan lakukan cara yang sama untuk web/blog lainnya.

Terima kasih atas kunjungan ke blog ini dan suaranya dalam pemilu tadi pagi🙂. Semoga Indonesia menjadi lebih baik.

Never stop learning !

4 responses to “RSS Feed, maksudnya ??

  1. jk September 29, 2009 at 2:04 am

    ya,….!!!
    blh thu gmn klo udh register tpi hapus kembali, gimana!!!

  2. gudang Ilmu dan inspirasi November 13, 2009 at 10:38 am

    terima kasih ya artikelnya…kunjungi juga blogku..free download center and ilmu dan inspirasi bisa anda dapatkan.

  3. karfianto March 20, 2010 at 11:39 pm

    @jk: Untuk menghapus seharusnya bisa dilakukan dengan menghapus pada list blog yang sedang diikuti

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: